Harga Kamera Terbaru
Sedang memuat Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru ...

Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru

Saturday, April 29th, 2017 - Kamera Terbaru

Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru –┬áPemindaian dengan tehnologi computerized tomography atau umum dimaksud CT scan, nampak pada awal th. 1970-an. Mulai sejak itu CT scan jadi alat yang utama untuk pencitraan medis. Lantas apa faedahnya?

Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru

Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru

CT Scan memadukan rangkaian pemindaian X-ray yang di ambil dari beragam pojok yang tidak sama. Lalu computer bakal mengolah hingga membuahkan gambar tulang serta jaringan lunak didalam badan.

Menolong Sistem Diagnosis

CT scan yaitu mesin pemindai berupa lingkaran yang besar, cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini bisa dipakai untuk mendiagnosis serta memantau bermacam keadaan kesehatan. Peluang dokter bakal mereferensikan CT scan untuk dikerjakan pada bebrapa waktu spesifik, seperti :

  • Lakukan diagnosis kelainan otot serta tulang, seperti tumor atau retak pada tulang.
  • Memastikan tempat tumor, infeksi, atau bekuan darah.
  • Memandu prosedur medis saat lakukan operasi, biopsi, atau therapy radiasi.
  • Mendeteksi serta memantau keadaan serta penyakit spesifik, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, serta massa pada hati.
  • Mencari tahu cedera atau pendarahan internal.

Pemakaian CT scan saat ini juga semakin banyak dipakai sebagai pemindaian penyakit atau sebagai langkah preventif. Umpamanya CT scan pada usus besar untuk pasien yang mempunyai resiko tinggi terserang kanker usus besar atau pemindaian jantung dengan cara komplit pada pasien dengan resiko tinggi penyakit jantung.

Sisi Badan yang Dipindai

Sepanjang kontrol dengan CT scan, Kamu bakal disuruh untuk berbaring diatas satu tempat tidur yang bisa bergerak masuk serta keluar dengan cara automatis. Petugas sisi radiologi atau radiografer yang menolong kontrol bakal meletakkan posisi Kamu dengan pas sampai sisi badan yang di check bisa terpindai dengan terang.
Bagian-bagian badan tersebut kerap di check memakai CT scan untuk tahu beberapa keadaan spesial, seperti :

Kepala. CT scan umumnya dipakai dibagian kepala untuk mendeteksi jaringan yang mati akibat stroke, tumor, jaringan yang mengeras akibat tumpukan kalsium, pendarahan, serta trauma pada tulang.

Paru-paru. Pemindaian bisa digunakan untuk mendeteksi ada pergantian akut atau kritis di bagian dalam paru-paru. CT scan yang bisa dikerjakan dari beragam pojok bisa lebih akurat
dibanding pemindaian X-ray dua dimensi.

Jantung. Dengan kekuatan perputaran per detik yang dipadukan dengan potongan gambar dengan resolusi serta kecepatan tinggi, CT scan dapat memberi hasil pencitraan arteri koroner yang baik.

Rongga perut serta panggul. Pemindaian dengan CT scan adalah cara peka yang bisa dipakai untuk mendiagnosis penyakit pada organ-organ di rongga perut. Dokter kerap memakai untuk memastikan tingkat kanker serta perubahannya. Dapat juga dikerjakan untuk mengecek penyebabnya sakit perut akut.

Tulang. CT scan kerap dipakai untuk memindai keadaan patah tulang kompleks, terlebih di sekitaran sendi, karna kemampuannya untuk merekonstruksi tempat dari beragam pojok. Patah tulang, cedera ligamen, serta dislokasi bisa diketemukan dengan gampang.

Memperhitungkan Aspek Resiko

Sepanjang sistem CT scan, Kamu bakal terkena oleh tingkat radiasi yang lebih tinggi dibanding pemindaian X-ray umum. Radiasi ini peluang bakal sedikit tingkatkan resiko kanker. Walau sekian, CT scan mempunyai semakin banyak faedah dibanding dengan tingkat resiko yang termasuk kecil.

Dokter bakal memakai tingkat radiasi serendah mungkin saja. Mesin serta tehnik paling baru bisa bikin radiasi yang Kamu dapatkan semakin sedikit. Tanyakan pada dokter tentang faedah serta resiko yang ada sebelumnya lakukan CT scan.

Paparan radiasi dari CT scan baiknya dijauhi oleh ibu hamil. Pikirkan kembali bila Kamu mempunyai peluang hamil ketika bakal lakukan CT scan. Peluang dokter bakal merekomendasikan type pemindaian lain, seperti ultrasound atau magnetic resonance imaging (MRI) manfaat hindari resiko pada janin.

Diluar itu, anak-anak juga mempunyai resiko yang semakin besar pada paparan radiasi dibanding orang dewasa. CT scan cuma bisa dikerjakan bila benar-benar sangat dibutuhkan pasien anak-anak.

Beberapa langkah Persiapan

Sebelumnya melakukan sistem CT scan, Kamu bakal di tanyai tentang keadaan kesehatan pada sekarang ini, mengkonsumsi obat spesifik, serta peluang mempunyai alergi. Di bawah ini beberapa langkah yang butuh di ketahui sebelumnya melakukan CT scan.

Waktu bakal melakukan CT scan, Kamu bakal disuruh untuk ganti pakaian dengan baju spesial yang disiapkan pihak tempat tinggal sakit. Kamu akan disuruh untuk melepas semuanya perhiasan sebab logam bisa mengganggu sistem pemindaian.

Bila CT scan dikerjakan di bagian kepala, terlebih dulu Kamu telah diberitakan untuk melepas gigi palsu. Diluar itu, alat bantu dengar serta jepit rambut harus juga dilepaskan.

Bicarakan terlebih dulu pada radiografer bila Kamu terasa tegang atau mempunyai fobia ada di ruangan tertutup sebab hal semacam itu bisa menghambat sistem CT scan. Petugas itu peluang bisa menolong Kamu untuk terasa lebih tenang. Bila dibutuhkan, Kamu dapat bicarakan dengan pakar medis untuk konsumsi obat penenang.

Untuk CT scan di bagian otak atau perut, peluang Kamu bakal diberikan cairan kontras terlebih dulu. Cairan itu diisi pewarna aman yang bakal menolong memperjelas gambar. Bergantung sisi badan mana yang bakal dikerjakan CT scan, cairan kontras dalam diberikan berbentuk minuman atau disuntikkan kedalam aliran darah. Cairan itu lalu bakal di keluarkan badan lewat urin.

Walau tidak sering berlangsung, cairan kontras bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Tanyakan terlebih dulu pada radiografer bila mempunyai reaksi alergi pada iodin atau cairan kontras terlebih dulu.

Sesaat sistem CT scan tengah dikerjakan, Kamu mesti berbaring serta tak diijinkan bergerak. Atur napas seperti normal untuk memperoleh kwalitas gambar yang didapat. Cincin besar yang ada pada mesin CT scan bakal berputar melingkari badan Kamu. Setiap kali berputar bakal membuahkan gambar pindai yang baru. Tempat Kamu berbaring bakal bergerak sedikit setiap kali cincin itu usai berputar.

Radiografer bakal menggerakkan mesin CT scan dari ruangan samping, terpisah dari ruangan kontrol. Disamping itu, Kamu bisa mendengar instruksi serta bicara dengan petugas itu lewat interkom.

Selesai melakukan sistem CT scan, tak bermakna akhirnya bakal segera ada. Computer bakal mengolah semua info yang lalu bakal dianalisis oleh seseorang dokter spesialis radiologi. Laporan hasil tes lalu bakal diantar pada dokter Kamu.

Resiko radiasi dari CT scan memanglah ada tetapi kecil. Dokter cuma bakal merekomendasikan CT scan saat keadaan Kamu betul-betul memerlukannya. Jauhi CT scan bila Kamu mempunyai peluang tengah memiliki kandungan. Minta anjuran alternatif paling baik dari dokter.

Sumber : Sehat Natural

Mengetahui Penyakit Dengan CT Scan Terbaru | admin | 4.5